POKOK ISI MATA KULIAH

KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH

Fokus praktik keperawatan medikal bedah adalah mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam telaah klinis dengan mengintegrasikan pemahaman berbagai konsep dasar asuhan keperawatan orang dewasa yang   mengalami gangguan pemenuhan   kebutuhan   dasar manusia meliputi kebutuhan oksigenasi ,keseimbangan cairan dan elektrolit, kebutuhan nutrisi, kebutuhan eliminasi feses, dan urin, kebutuhan menyendiri (solitude) dan interaksi, kebutuhan rasa aman,nyaman dan mobilisasi serta kebutuhan promosi kesehatan.

 

KEPERAWATAN ANAK

Fokus praktek keperawatan anak adalah mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam telaah klinis dengan mengintegrasikan pemahaman berbagai konsep dasar asuhan pada anak (neonatus, bayi, balita, prasekolah, usia sekolah, dan remaja), baik anak sehat maupun sakit sesuai dengan tingkat perkembangannya, baik di rumah sakit, panti asuhan ataupun di masyarakat dengan menerapkan proses keperawatan sesuai dengan peran dan fungsi perawat anak dengan memperhatikan aspek legal dan etik keperawatan.

KEPERAWATAN MATERNITAS

Program profesi   keperawatan maternitas berfokus pada penerapan konsep-konsep, teori-teori keperawatan yang berhubungan dengan asuhan keperawatan maternitas yang didapatkan selama mengikuti program akademik dalam memberikan layanan asuhan keperawatan diberikan kepada klien (ibu, remaja, wanita usia subur, pasangan usia subur, wanita menopouse dan keluarganya) dalam masa persiapan kehamilan, masa kehamilan, masa persalinan dan setelah melahirkan beserta bayinya pada kondisi normal, resiko tinggi ataupun yang mengalami gangguan pada sistem reproduksi sesuai dengan peran dan fungsi perawat maternitas dengan memperhatikan aspek lega ldan etik keperawatan.

 

KEPERAWATAN JIWA

Program profesi keperawatan jiwa merupakan penerapan konsep, prinsip, model dan proses keperawatan yang meliputi asuhan keperawatan pada klien yang mengalami masalah psikososial/neurosa (jiwa ringan) dan psikosa (jiwa berat) sesuai dengan tingkat perkembangan berfokus pada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat pada semua tatanan pelayanan keperawatan jiwa (rumah sakit jiwa, lembaga sosial/pemasyarakatan.

 

KEPERAWATAN GAWAT DARURAT

Praktik klinik keperawatan gawat darurat   memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan konsep dan prinsip asuhan keperawatan gawat darurat pada berbagai usia dalam siklus kehidupan dan tahap kegawatdaruratan medis dan kondisi kritis di unit gawat darurat. Mahasiswa mengaplikasikan konsep dan prinsip asuhan keperawatan gawat darurat serta   dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pengelolaan pelayanan/asuhan keperawatan pasien gawat darurat. Proses   belajar   mengajar memungkinkan mahasiswa memberikan kontribusi pemikiran sesuai kebutuhan dan memprakarsai dibidang keperawatangawat darurat.

 

MANAJEMEN KEPERAWATAN

Mata kuliah ini merupakan aplikasi konsep manajemen keperawatan dalam pengelolaan pelayanan keperawatan pada berbagai area/unit-unit pelayanan baik rumah sakit maupun puskesmas (klinik-komunitas). Proses pembelajaran dilakukan melalui pengelolaan unit pelayanan keperawatan tertentu dengan mengimplementasikan fungsi-fungsi dan langkah-langkah manajemen guna tercapainya pelayanan keperawatan berkualitas.

 

KEPERAWATAN KELUARGA

Program profesi keperawatan keluarga adalah kegiatan praktek belajar lapangan untuk menerapkan konsep, prinsip dan proses keperawatan keluaraga pada setiap tahap perkembangan keluarga sesuai potensi yang dimilikinya agar mampu mandiri dalam mengatasi masalah kesehatan melalui peningkatan pemberdayaan keluarga.

 

KEPERAWATAN KOMUNITAS

Program profesi keperawatan komunitas merupakan penerapan konsep, prinsip dan proses keperawatan komunitas yang diintegrasikan dengan ilmu kesehatan masyarakat yang meliputi pengenalan dan identifikasi pelaksanaan program pokok puskesmas, asuhan keperawatan komunitas dan kelompok khusus. Program profesi ners pada mata ajar Ilmu keperawatan Komunitas   diarahkan agar mahasiswa   dapat secara mandiri dan profesional melaksanakan asuhan keperawatan komunitas termasuk juga asuhan keperawatan pada kelompok-kelompok khusus yaitu kelompok anak usia sekolah/pesantren dan kelompok pekerja.

 

KEPERAWATAN GERONTIK

Mata ajaran ini merupakan kegiatan praktik belajar lapangan untuk menerapkan konsep dasar gerontik, teori dan proses penuaan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi, istirahat dan tidur, kebutuhan seksual, oksigen, cairan dan elektrolit, olahraga, eliminasi urin dan feses, rasa aman dan nyaman, self esteem dan aktualisasi diri dan masalah kesehatan pada asuhan keperawatan usia lanjut. Pengalaman belajar demonstrasi, simulasi, diskusi, pembahasan kasus dan pengalaman belajar dilapangan(panti werdha, keluarga dan masyarakat)

 

METODA & MODEL PEMBELAJARAN

Pola pembelajaran yang dilakukan pada program profesi meliputi:

Perseptorship : sistem dan proses melimpahkan kewenangan secara bertahap dari para preseptor     kepada preseptee. Didalam pola pembelajaran ini digunakan beberapa metoda pembelajaran meliputi

  • Tutorial (Small Group Discussion)

Tutorial adalah suatu proses pembelajaran aktif di dalam diskusi kelompok kecil yang difasilitasi oleh seorang tutor (dosen klinik/dosen akademik) dan dipimpin oleh seorang mahasiswa terpilih dan dibantu oleh seorang sekretaris terpilih.

  • Laporan kasus (Casereport): Suatu metoda pembelajaran dengan melaporkan suatu kasus, bisa kasus yang diambil kelompok atau mandiri. Laporan kasus dilakukan secara diskusi kasus dan juga tertulis (dokumentasi).

 

  • BedsideTeaching : Merupakan pembelajaran bersama klien atau pasien. Peran perseptor pada bedsideteaching dapat sebagai model pembelajaran melalui demonstrasi ataupun mengamati preseptee dalam pembelajaran (Observasi).
  • Presentasi: Suatu metoda pembelajaran, yang dilakukan secara berkelompok dimana mahasiswa mengambil suatu tema bisa berupa kasus,   hasil penelitian, hasil kajian   ataupun issue terkini   di pelayanan yang kemudian dipresentasikan.

 

Adapun metoda lain yang digunakan dibeberapa area/stase seperti berikut ini :

  • Pre-post Confrence : Merupakan metoda pembelajaran dengan menghadirkan expert/seorang yang ahli untuk memberikan lecture ataupun membahas suatu permasalahan, confrence dapat dilakukan diawal dan atau atau pun diakhir pembelajaran.
  • Supervisi: Merupakan metoda pembelajaran dengan melakukan kunjungan pada saat mahasiswa melakukan pembelajaran di lapangan.

 

Penggunaan metoda pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan ketercapaian kompetensi pada setiap area profesi.

 

EVALUASI

Model evaluasi keberhasilan pembelajaran Profesi Ners disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku, dan dibuat dalam aturan tersendiri.

 SUMPAH PROFESI NERS

Mereka yang berhasil menyelesaikan pendidikan dan memperoleh gelar Ners diwajibkan mengucapkan sumpah /janji Ners menurut Agama atau kepercayaan masing-masing.