PROGRAM PROFESI NERS

PROGRAM PROFESI NERS

DESKRIPSI

Program profesi Ners STIKes Dharma Husada Bandung merupakan kelanjutan dari tahap pendidikan Sarjana Keperawatan dengan   menerapkan   kemampuan   sarjana keperawatan dalam tatanan nyata baik di klinik maupun di   komunitas,sehingga melalui tahap ini terjadi proses adaptasi profesi untuk dapat menerima pendelegasian kewenangan secara bertahap dalam melakukan asuhan keperawatan profesional, memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi pada klien, membuat keputusan legal etik serta menggunakan hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan keperawatan.

 

TUJUAN

Program profesi ini bertujuan mendidik sarjana keperawatan (S.Kep) untuk menjadi Ners melalui penyesuaian profesional dalam bentuk pengalaman belajar klinik dan lapangan secara komprehensif, sehingga memiliki sikap dan kemampuan profesional untuk:

  1. Menerapkan konsep, teori dan prinsip-prinsip ilmu prilaku, ilmu sosial, ilmu biomedik dan ilmu keperawatan dalam melaksanakan pelayanan dan atau asuhan keperawatan kepada individu, keluarga dan masyaraka
  2. Melaksanakan pelayanan dan atau asuhan keperawatan dari masalah yang sederhana sampai masalah yang kompleks secara tuntas melalui pengkajian, penetapan diagnosa keperawatan, perencanaan tindakan keperawatan, implementasi dan evaluasi baik promotif, preventif, kuratif   dan rehabilitatif   sesuai batas kewenangan, tanggung jawab dan kemampuannya serta berlandaskan etika profesi keperawatan:
  • Mengkaji status kesehatan dan kebutuhan dasar individu, keluarga dan masyarakat dalam   aspek bio-psiko-sosio-spiritual serta profesi dari berbagai sumber yang tersed
  • Merumuskan masalah keperawatan individu,keluarga dan masyarakat
  • Merencanakan dan atau melaksanakan rangkaian tindakan keperawatan dalam upaya memenuhi kebutuhan dasar yang belum terpenuhi,   dengan memanfaatkan sumber   dan potensi yang tersedia secara optima
  • Mengevaluasi hasil tindakan keperawatan dan seluruh proses pada asuhan keperawatan,   serta merencanakan   dan melaksanakan tindak lanjut yang diperlukan.
  1. Mendokumentasikan seluruh proses keperawatan secara sistematis dan memanfaatkannya dalam upaya meningkatkan kualitas asuhan keperawatan.
  2. Mengelola pelayanan keperawatan secara bertanggung jawab dengan menunjukan sikap kepemimpinan.

 KOMPETENSI LULUSAN

  1. Kompetensi Utama
    1. Mampu     membina     hubungan     interpersonal     dengan menerapkan komunikasi secara efektif kepada   klien terdiri dari indvidu, keluarga, kelompok khusus, masyarakat, dan tim kesehatan.
    2. Mampu melaksanakan asuhan keperawatan profesional di klinik dan komunitas dengan menerapkan aspek legal dan etis.
    3. Mampu melakukan pendidikan kesehatan kepada klien; individu, keluarga, kelompok khusus dan komunitas di berbagai area kesehatan.
    4. Mampu mengaplikasikan kepemimpinan dan manajemen keperawatan.
    5. Mampu   memanfaatkan   hasil   penelitian   dalam   upaya meningkatkan kualitas asuhan keperawatan.

 

  1. Unit Kompetensi ProgramProfesi
    1. Mampu melakukan komunikasi yang efektif dalam memberi asuhan.
    2. Mampu menggunakan keterampilan interpersonal yang efektif dalam kerja tim.
  1. Mampu mengidentifikasi masalah legal dan etik serta mampu membuat keputusan etik dengan menerapkan pengetahuan, kerangka etik, dan legal dalam sistem kesehatan yang berhubungan dengan keperawatan
  2. Mampu     menggunakan     proses   keperawatan   dalam menyelesaikan masalah klien dengan mengembangkan pola pikir kritis, logis dan etis.
  3. Mampu memberikan pendidikan kesehatan kepada klien sebagai upaya pencegahan primer, sekunder, dan tersier.
  4. Mampu menjalankan fungsi advokasi untuk mempertahankan hak klien agar dapat mengambil keputusan untuk dirinya.
  5. Mampu   memberikan   asuhan   peka   budaya   dengan menghargai sumber-sumber etnik,agama atau faktor lain dari setiap pasien yang unik.
  6. Mampu mendemonstrasikan intervensi keperawatan sesuai dengan kebutuhan dan SOP yang berlaku.
  7. Mampu menggunakan teknologi dan informasi   kesehatan secara efektif dan bertanggungjawab.
  8. Mampu melaksanakan terapi modalitas   sesuai dengan kebutuhan.
  9. Mampu memanfaatkan hasil penelitian dalam upaya peningkatan kualitas asuhan keperawatan.
  10. Mampu mengembangkan potensi diri untuk meningkatkan kemampuan profesional.
  11. Mampu menjabarkan indikator kualitas asuhan keperawatan berdasarkan standar struktur, proses, dan hasil.
  12. Mampu menggunakan prinsip-prinsip peningkatan kualitas pelayanan keperawatan secara berkesinambungan.
  13. Mampu mengidentifikasi kebutuhan dan langkah-langkah peningkatan kemampuan professional baik   diri sendiri maupun teman sejawat (sesuai dengan level jenjang karir).
  14. Mampu menggunakan pendekatan kolaboratif dalam kerja sama interprofesional dalam upaya pemenuhan kebutuhan kesehatan klien.
  15. Mampu mengidentifikasi aspek-aspek manajemen resiko dan keamanan pelayanan berdasarkan prinsip-prinsip keselamatan pasien.
  1. Mampu mengidentifikasi tanggung jawab dan kewenangan perawat dalam tatanan pelayanan kesehatan.
  2. Mampu bekerjasama dengan unsur   terkait di masyarakat dalam menerapkan asuhan keperawatan komunita
  3. Mampu mengembangkan program yang kreatif dan inovatif di tatanan komunitas dalam aspek promotif preventif, kuratif dan rehabilitatif.