DESKRIPSI MATA KULIAH

  1. DESKRIPSI MATA KULIAH
  2. Agama

Agama merupakan mata kuliah yang terkait dengan keyakinan yang melandasi manusia untuk bersikap dan bertindak toleran dalam kehidupan sosial khususnya kerjasama antar umat beragama dimasyarakat. Fokus pada, pemahaman konsep-­konsep agama dan kehidupan beragama di Indonesia. Penekanannya pada nilai kehidupan beragama yang diterapkan dalam melaksanakan peran perawat sebagai pemberi asuhan, pemenuhan kebutuhan spiritual klien, peneliti untuk mengidentifikasi permasalahan nilai/keyakinan klien, dan peran sebagai pendidik untuk memberikan pendidikan spiritualitas klien dalam melakukan pengelolaan kebutuhan spiritualitas klien baik diklinik maupun dimasyarakat.

  1. Fundamental of Nursing

Dalam mata kuliah ini dibahas mengenai Konsep dan model berpikir kritis yang meliputi dasar pengetahuan khusus, pengalaman, kompetensi, sikap berpikir kritis disertai dengan Pengertian ilmu, karakteristik limu, unsur-unsur yang membentuk struktur pikiran manusia. Dibahas juga mengenai perkembangan Keperawatan sebagai profesi di Indonesia dan dunia serta pertumbuhan profesionalisasi dalam keperawatan. Dalam mata kuliah ini juga dibahas mengenai transaksi therapeutik/hak dan kewajiban pasien & Tenaga kesehatan. Konsep etika dan nilai, Kode Etik Keperawatan serta isu etik sebagai landasan dalam melakukan asuhan keperawatan. Sebagai dasar dalam keperwatan juga diperkenalkan mengenai teknologi informasi dalam keperawatan meliputi Pegenalan Internet: blog, penelusuran jurnal, email.

 

 

  1. Social and Transcultural in Nursing

Mata kuliah ini membahas tentang beberapa cabang ilmu secara terintegrasi yaitu kebutuhan dasar manusia, konsep dasar keperawatan, antropologi, sosiologi, ilmu politik dan ekonomi kesehatan serta ilmu kesehatan masyarakat. Dalam mata kuliah ini dibahas mengenai berbagai jenis kebudayaan yang melataarbelakangi berbagai etnik dan cultural manusia sebagai focus dari pemberian asuhan keperawatan sehingga diharapkan perawat dapat memberikan ashan yang peka budaya. Dibahas pula mengenai konsep sehat sakit serta hubungannya dengan budaya, berbagai fenomena yang berhubungan dengan kesehatan, praktek kesehatan alternative yang ada di masyarakat, system pelayanan kesehatan serta pengaruh politik ekonomi terhdap status kesehatan.

  1. Conceptual Model in Nursing

Mata kuliah ini membahas mengenai konsep, tahap, karakteristik, prinsip – prinsip dan tugas tumbuh kembang manusia, meliputi pengkajian fisik dan konsep tumbuh kembang dalam tiap tahap perkembangan. Dalam mata kuliah ini juga dibahas mengenai ; teori komunikasi dan pendidikan dalam keperawatan yang dapat digunakan pada pelayanan keperawatan. Konsep dan Model komunikasi, pola interaksi antar manusia termasuk aplikasi komunikasi dalam proses keperawatan meliputi komunikasi terapeutik, konseling dalam keperawatan serta komunikasi dalam berbagai tingkatan usia (anak, dewasa dan lansia)

 

  1. Basic Science in Nursing

Mata kuliah ini membahas mengenai kebutuhan dasar manusia yang mengacu pada kebutuhan dasar berupa kebutuhan aktivitas dan latihan yang meliputi mobilisasi, body mekanik serta body aligment. Dalam mata kuliah ini juga dibahas mengenai kebutuhan aman dan nyaman yang meliputi gangguan secara mekanis ataupun biokimiawi. Dalam konsep ini dibahas mengenai unsure keselamatan pasien yang patient safety dan juga penyebaran infeksi nosokomial, serta tranportasi pasien. Kebutuhan primary lainnya dalam kosep dasar keperawatan ini adalah mengenai kebutuhan istirahat tidur serta seksual. Dimana mahasiswa diharapkan dapat melakukan pengkajian serta menegakan diagnose dari maslah-masalah keperawatan yang ditemukan dalam berbagai pemenuhan kebutuhan dasar tersebut.

 

  1. Musculosceletal and Integumen

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip teoritis dan keterampilan klinis keperawatan tentang sistem muskuloskeletal dan integumen sesuai tingkat usia manusia mulai dari mulai bayi baru lahir sampai lansia. Fokus mata kuliah ini meliputi berbagai aspek yang terkait dengan fungsi sistem muskuloskeletal dalam melindungi organ vital (otak, jantung, paru), penyokong tubuh, memproduksi panas tubuh, reservoir sel-sel darah merah matur, reservoir mineral penting, dan melakukan fungsi pergerakan tubuh. Dibahas pula mengenai system integument sebagai barier utama dalam tubuh, fungsi dari setiap lapisan kulit serta berbagai gangguan yang terjadi pada sietem integumen beserta rencana asuhan keperawatan terhadap berbagai gangguan yang terjadi.

 

  1. Immune and Hematology and Endocrine

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip teoritis dan keterampilan klinis keperawatan tentang sistem imun dan hematologi serta endokrin sesuai tingkat usia manusia mulai dari pembentukan dalam kandungan sampai lansia. Fokus mata kuliah ini meliputi berbagai aspek yang terkait dengan fungsi imun, hematologi dan endokrin. Dalam system imun dibahas mengenai mekanisme pertahanan tubuh dalam system imunitas baik bawaan dan didapat serta berbagai penyakit yang disebabkan oleh gangguan pertahanan tubuh serta berbagai faktor penyebabnya, diharapkan mahasiswa dapat melakukan penegakan diagnose dan menyusun intervensi keperawatan untuk berbagai masalah dalam system imun. Dalam system hematologi dibahas mengenai perjalanan pembentukan sel-sel darah, jenis serta fungsinya bagi tubuh serta mekanisme pembekuan. Dalam system endokrin dibahas mengenai fungsi sistem endokrin yang berfungsi sebagai sistem pengatur baik secara mandiri maupun bersama-sama dengan sistem saraf dalam pengaturan metabolisme.

 

  1. Bahasa Indonesia

Mata kuliah ini membahas mengenai Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, meliuti pembelajaran mengenai bentukan kata-kata dan makna dasar, ejaan tata bahasa yang baik dan benar, Pilihan kata dan definisi (kosa kata baku), Kalimat efekstif serta bagaimana menyusun sebuah paragraph yang baik dan benar serta pembelajaran mengenai pencarian intisari sebuah bacaan atau paragraph.

 

  1. Digestive

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip teoritis dan keterampilan klinis keperawatan tentang sistem pencemaan sesuai tingkat usia manusia mulai dari mulai bayi barn lahir sampai lansia. Fokus mata kuliah ini meliputi berbagai aspek yang terkait dengan fungsi sistem – pencernaan yaitu menyediakankan nutrien bagi kehidupan melalui proses ingesti, digesti, dan absorpsi yang juga melibatkan kerja dari sistem saraf, sistem endokrin dan sistem kardiovaskuler. Penggunaan nutrien didalam sel dipengaruhi oleh keberadaan oksigen sebingga secara tidak langsung sistem pencernaan juga mempunyai peranan penting didalam pemanfaatan nutrien.Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis dan komprehensif dalam mengaplikasikan konsep sistem muskuloskeletal dengan pendekatan asuhan keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah.

 

  1. Cardiovasculer

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip teoritis dan keterampilan klinis keperawatan berhubungan dengan sistem kardiovaskuler sesuai tingkat usia manusia mulai dari pembentukan dalam kandungan sampai lansia. Fokus mata kuliah ini meliputi berbagai aspek yang terkait dengan siklus jantung dan simulasi dalam sel sampai organ. Dalam mata ku;iah ini dibahas mengenai anatomi fisiologi organ jantung serta pengaturan pada vaskuler secaraa normal. Dibahas pula mengenai berbagai gangguan terkait pompa jantung serta kelainan pembuluh darah serta manifestasi klinis yang muncul saat terjadi gangguan kardiovaskuler. Kegiatan belajar mahasiswa berorientnsi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep sistem kardiovaskuler dengan pendekatan asuhan keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah melalui beberapa model belajar yang relevan dengan memperhatikan aspek legal dan etis. Evaluasi belajar mahasiswa dilakukan melalui proses belajar dan pencapaian kompetensi.

 

  1. Respiration

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip teoritis dan keterampilan klinis keperawatan tentang sistem respirasi sesuai tingkat usia manusia mulai dari pembentukan dalam kandungan sampai lansia. Fokus mata kuliah ini meliputi berbagai aspek yang terkait dengan proses ventilasi, difusi, transportasi, dan sistem respirasi sel. Dalam mata kuliah ini dibahas mengenai anatomi fisiologi system pernafasa, mekanisme pernafasan normal serta berbagai gangguan terkait system pernafasan baik saluran nafas atas maupun bawah yang bersifat akut maupun kronik. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep sistem respirasi dengan pendekatan asuhan keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah dengan memperhatikan aspek legal dan etis. Evaluasi belajar mahasiswa dilakukan melalui proses belajaran pencapaian kompetensi.

 

  1. General English

Matakuliah ini membahas tentang Bahasa Inggris dalam kaitannya dengan pelayanan kesehatan, yang mencakup tata Bahasa Inggris, penulisan, penerjemahan dan berkomunikasi secara aktif dalam Bahasa Inggris.

 

  1. Civilization

Fokus dari mata kuliah ini adalah pemahaman tentang kehidupan berdemokrasi, kebijakan publik, hubungan antar manusia, hubungan antar warganegara, wawasan nusantara yang relevan dengan praktik keperawatan professional sebagai dasar perawat dalam menjalankan perannya dalam memberikan asuhan keperawatan profesional, mengidentifikasi permasalahan terkait dengan hak azasi manusia dan kebijakan publik.

 

  1. Urinary

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip- prinsip teoritis dan keterampilan klinis keperawatan tentang sistem perkemihan sesuai tingkat usia manusia mulai dari bayi baru lahir sampai lansia, fokus mata kuliah ini meliputi berbagai aspek yang terkait dengan fungsi sistem perkemihan. Dalam maata kuliah ini dibahas mengenaai anatomi fisiologi system perkemihan, mekanisme pengaturan cairan serta pembentukan urine normal dalam ginjal. Dibahas juga mengenai berbagai gangguan dalam system perkemihan baik dalam proses filtrasi, reabsorbsi maupun ekskresi dan sekkresi dengan berbagai faktor penyebab baik secara langsung maupun tidak langsung. Kegiatan mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis dan komprehensif dalam mengaplikasikan konsep sistem perkemihan dengan pendekatan asuhan keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah.

  1. Reproductive

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip teoritis dan keterampilan klinis keperawatan tentang Sistem Reproduksi sesuai tingkat usia manusia mulai dari mulai bayi bare lahir sampai lansia. Fokus mata kuliah ini meliputi berbagai aspek yang terkait dengan fungsi Sistem Reproduksi (sikap terhadap kesehatan seksualitas danreproduksi, anatomi fisiologi sistem reproduksi, perkembangan seksualitas dan reproduksi, respon seksualitas dan reproduksi, kehamilan dan seksualitas, masalah yang berhubungan dengan seksualitas dan reproduksi). Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis dan komprehensif dalam mengaplikasikan konsep Sistem Reproduksi dengan pendekatan asuhan keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah.

 

  1. Neurology & Sensory Perception

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip teoritis dan keterampilan klinis keperawatan tentang sistem persepsi sensori sesuai tingkat usia manusia mulai dari pembentukan dalam kandungan sampai lansia. Dalam mata kuliah ini dibahas mengenai anatomi fisiologi system persarafan serta sitem penginderaan. Dibahas mengenai perjalanan impuls yang dimulai dari system penginderaan dalam tubuh (sensori) yang kemudian dipersepsikan oleh sitem persarafan menjadi suatu stimulus yang bermakna. Dibahas pula mengenai gangguan umum neurologi, serebrovaskular, neurovaskuler dan persepsi sensori yang terjadi secara mekanik ataupun proses biokimiawi dalam tubuh yang disebabkan oleh berbagai penyakit. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep sistem persepsi sensori dengan pendekatan asuhan keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah dengan memperhatikan aspek legal dan etis.

  1. Neurobehaviour and Coping

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip teoritis dan keterampilan klinis tentang sistem neurobehaviour sesuai tingkat usia manusia mulai dari pembentukan dalam kandungan sampai lansia. Fokus mata kuliah ini meliputi berbagai aspek yang terkait dengan gangguan yang bersifat neuropsikologi. Dalam mata kuliah ini dibahas mengenai gangguan neurobehavior, meliputi penyimpangan-penyimpangan dalam proses piker, isi piker, gangguan sensori persepsi tanpa stimulus dari luar, ganggua kepribadian serta perilaku kompulsif yang muncul pada pasien. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis dan komprehenshif dalam mengaplikasikan konsep sisten neurobehavior dengan pendekatan asuhan keperawatan sebagai dasar pemecahan masalah dengan memperhatikan aspek legal dan etis.

 

  1. Nursing Education

Dalam mata kuliah ini dibahas mengenai konsep dasar pendidikan terkait dengan pendidikan dalam keperawatan. Konsep serta teori yang melatar belakangi pendidikan dalam keperawatan. Dibahas juga mengenai komponen-komponen yang terlibat dalam pendidikan keperawatan yaitu institusi penyelenggara pendidikan, lahan praktek serta masyarakat. Konsep dasar pendidikan. Proses pembelajaran dalam mata kuliah ini meliputi telaahan mengenai proses dalam pendidikan kesehatan kepada pasien dengan pengalaman belajar berupa penyusunan Desain instruksional, tujuan pembelajaran, metode pengajaran, media dan evaluasi pembelajaran/pendidikan. Praktek lapangan mengenai teknik pengajaran kepada berbagai audiens sesuai tingkatan usia dengan berbagai permasalahan kesehatan juga menjadi focus dalam mata kuliah ini.

 

  1. Research Metodology

Dalam mata kuliah ini dibahas mengenai ruang lingkup penelitian dalam keperawatan serta manfaat serta kegunaan hasil penelitian. Dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif maupun kuantitatif. Dalam proses pembelajarannya mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah penelitian pada lingkup asuhan dan pelayanan keperawatan, menggunakan bukti ilmiah untuk melakukan pembaharuan dalam keperawatan, mengembangkan rencana penelitian, melakukan tahapan proses penelitian, menerapkan prinsip etik dan legal dalam penelitian serta menggunakan komunikasi efektif dalam proses penelitian dan penyebarluasan hasil

 

  1. Nursing English

Dalam mata kuliah ini dibahas mengenai bahasa inggris keperawatan yang dapat digunakan dalam proses keperawatan mulai dari tahapan assessment, defining sign and symptoms, Giving advice, aids and instruction serta consolidation antar anggota tim kesehtan. Dalam mata kuliah ini dilakukan pendalaman dari materi General nursing.

 

  1. Nursing Management & Health Policy

Mata kuliah ini membahas manajemen keperawatan yang meliputi manajemen pelayanan keperawatan, manajemen asuhan keperawatan. Fokusnya pada penggunaan keterampilan manajemen dan kepemimpinan pada asuhan klien secara menyeluruh melalui manajemen pelayanan keperawatan dan memprakarsai perubahan yang efektif dalam sistem asuhan keperawatan.

 

 

 

  1. Family Nursing

Fokus mata ajar ini adalah pembahasan tentang konsep keluarga, kesehatan keluarga, konsep keluarga sejahtera, asuhan keperawatan keluarga pada tiap tahapan perkembangan keluarga yang meliputi pasangan keluarga yang bare menikah, keluarga yang menanti kelahiran, keluarga dengan balita, keluarga dengan anak usia sekolah, keluarga dengan remaja, keluarga dewasa dan masalah-masalah keluarga yang .terkait dengan masalah kesehatan yang lazim di Indonesia. Kegiatan belajar meliputi ceramah, diskusi dan pembahasan kasus.

 

  1. Nursing Community

Fokus mata ajar ini membahas tentang konsep dasar kesehatan dan keperawatan komunitas , program- program kesehatan/ kebijakan pemerintah dalam menanggulangi masalah kesehatan prioritas di Indonesia, asuhan keperawatan komunitas dan pembahasan yang terkait isu dan kecenderungan masalah kesehatan komunitas dalam konteks pelayanan kesehatan utama dengan penekanan pada kesehatan pencegahan penyakit dan pemeliharaan kesehatan, area-area khusus dalam keperawatan komunitas meliputi keperawatan kesehatan sekolah, keperawatan kesehatan kerja, keperawatan di rumah (homecare), keperawatan jiwa masyarakat, jaminan mutu layanan keperawatan komunitas & isu/kecenderungan dalam keperawatan komunitas, dengan penekanan pada peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit dan pemeliharaan kesehatan. Mata ajar ini berguna dalam memahami berbagai area khusus dalam keperawatan komunitas terutama terkait dengan masalah kesehatan yang lazim terjadi di Indonesia, dan memahami mekanisme jaminan layanan keperawatan komunitas. Pengalaman belajar meliputi ceramah, diskusi, pembahasan kasus dan praktikum.

  1. Advance English

Dalam mata kuliah ini dibahas mengenai English preparation for TOEFL yang dapat digunakan dalam komunikasi sehari-hari.

 

  1. Emergency

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip teoritis dan keterampilan klinis keperawatan tentang kegawatan, kedaruratan, dan kegawatdaruratan terkait berbagai sistem pada individu sesuai tingkat usia manusia mulai dari bayi sampai dengan sampai lansia. Fokus mata kuliah ini meliputi berbagai aspek yang terkait dengan kegawatan, kedaruratan, dan kegawat daruratan. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep kegawatan, kedaruratan dan kegawat daruratan dengan pendekatan asuhan keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah.

 

  1. Disaster Management in Nursing

Dalam mata kuliah ini dibahas mengenai konsep dasar penanganan bencana secara benar dengan cara memahami dan menganalisis kejadian bencana, geomedik dan prediksi jumlah korban yang ada sesuai dengan karakteristik bencana yang terjadi : gempa bumi dan tsunami, gunung meletus serta angin putting beliung. Fokus telaahan dalam mata kuliah ini juga membahas mengenai bencana yang tidak berasal dari alam : wabah dan pendemi, bencana akibat bahan kimia dan kebakaran serta kecelakaan tranportasi. Dibahas juga mengenai Pengorganisasian kegawatan bencana (nasional, pengendalian dan organisasi lapangan) dan Pendukung penanganan (fasilitas, komunikasi, dokumentasi). Dasar manajemen penanganan bencana dengan tata kerja pelayanan medis dan evakuasi di lapangan mengidentifikasi tata kerja evakuasi korban pengungsi dan korban.

 

 

  1. Enterpreneurship and Elective (MIS, Occupational Health)

Mata kuliah enterpreneurship memberikan kemampuan dasar kepada mahasiswa dalam bidang kewirausahaan dan penerapannya dalam bidang keperawatan yang mengacu pada 3H principles yaitu Head, Hand and Heart di dalam perspektif keperawatan. Sedangkan mata kuliah Elective adalah mata kuliah pilihan yang meliputi Sistem Informasi Manajemen dan Keperawatan Kesehatan Kerja. Mata kuliah Sistem Informasi Manajemen membahas mengenai manajemen informasi yang dikembangkan dalam pelayanan kesehatan.

Mata kuliah keperawatan kesehatan kerja membahas mengenai asuhan keperawatan pada kelompok pekerja yang ada di masyarakat, baik industri kecil, menengah maupun industri besar.

 

  1. CCNS

Merupakan model pembelajaran praktek lapangan, dimana mahasiswa akan diperkenalkan kepada situasi nyata dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien. Meliputi kemampuan untuk melakukan telaahan klinis dan memberikan asuhan keperawatan pada klien dengan berbagai gangguan pemenuhan kebutuhan dasar manusia meliputi pemenuhan kebutuhan rasa nyaman, eliminasi, makan dan minum serta melakukan perawatan klien meninggal dunia. Selain itu dalam proses pembelajaran klinik ini mahasiswa akan mendapat pengalaman belajar tentang situasi klinik secara nyata terutama untuk menerapkan proses keperawatan dalam meberikan asuhan kepada pasien dengan berbagai gangguan yang terjadi dalam berbagai sitem pada klien dewasa secara ilmiah dan tidak menyimpang dari etika keperawatan Selain itu mahasiswa juga diharapkan mampu memberikan asuhan terhadap kondisi psikososial dan spiritual klien yang mengalami gangguan sistem tubuh tersebut.