MANFAAT MADU BAGI KESEHATAN

0
1302

MANFAAT MADU BAGI KESEHATAN

ABSTRAK

Madu telah digunakan oleh manusia sejak 2.500 tahun terakhir, di seluruh dunia. Sementara banyak sekali manfaat kesehatan dari madu yang telah membuatnya menjadi salah satu aspek penting dari obat-obatan tradisional. Selama ini masyarakat Indonesia telah mempercayai dan memanfaatkan madu sebagai suplemen untuk meningkatkan stamina tubuh. Mastarakat memilih menggunakan madu untuk menambah stamina dan menjaga kekebalan tubuhnya, karena di Indonesia madu sangatlah mudah untuk diperoleh. Selain itu, madu murni juga banyak dijual ditoko-toko dengan harga yang cukup terjangkau. Sejak dahulu masyarakat Indonesia telah meyakini bahwa madu sangat bermanfaat untuk menambah atau meningkatkan stamina.

 

PENDAHULUAN

Sesuai yang tertera dalam GBHN mengenai kesehatan, menyatakan bahwa meningkatkan mutu sumber daya manusia lingkungan yang saling mendukung dengan pendekatan paradigma sehat, yang memberikan prioritas pada upaya peningkatan kesehatan, pencegahan, penyembuhan, pemulihan dan rehabilitasi. Kesehatan sangat menentukan kemajuan suatu bangsa. Oleh sebab itu pengetahuan masyarakat akan kesehatan sangatlah penting, terutama mengenai obat obatan herbal yang ada disekitar mereka.

Salah satu obat abatan herbal yang mudah dijumpai adalah madu lebah. Madu lebah sudah dikenali sejak zaman Firaun yang memerintah Mesir pada tahun 300 sebelum Masehi hingga ke Tamadun Parsi, Greed dan Rom, sebagai satu cara penjagaan kesehatan. Khasiat madu lebah juga sudah dikenal sejak lama di Eropa, diberi nama Apitheraphy, dipasarkan oleh Profesor Bernard Descottes, Perancis yang menggunakan produk madu lebah bagi penjagaan kesehatan. Di Timur Tengah, masyarakat Arab tidak dapat dipisahkan dengan pengambilan madu lebah sebagai minuman kesehatan harian. Bagi masyarakat Cina, amalan memberi madu lebah kepada anak sejak kecil sudah lama dipraktikkan.

Dikalangan para ahli, madu juga diakui memiliki banyak manfaat , seperti pendapat Pollius Romillius (anggota senat kekaisaran Roma pada zaman Julius Caesar yang berusia paling tua) yaitu : “ Makanlah makanan yang dicampur madu dan hindari makanan yang mengandung minyak agar senantiasa segar bugar dan awet muda”. Selain itu, Aristoteles, Phytagoras yang terkenal di bidang ilmu alam, Democritus dengan teori atomnya, dan Hippocrates juga berkata “Makanlah selalu hidangan yang bercampur madu dan susu”.

Madu lebah menjadi popular Karena mempunyai banyak kegunaan sebagai salah satu media untuk menjaga kesehatan seperti yang telah banyak diketahui masyarakat.
Reputasi madu dalam mengatasi gangguan pernafasan tetap diakui, terutama untuk mengusir dahak atau cairan yang menyumbat saluran pernafasan. Masyarakat Yunani dan Romawi percaya dengan khasiat madu sebagai dekongestan (pelega hidung saat pilek). Madu juga memiliki sifat sedative (penenang yang ringan). Karena itu, masyarakat tradisional sering mencampurkan madu pada segelas susu untuk diminum sebelum tidur. Minuman ini membuat mereka rileks dan segera bisa tidur nyenyak.

 

Kandungan Madu

Didalam madu terkandung berbagai vitamin yang barangkali telah memenuhi seluruh vitamin yang dibutuhkan oleh manusia. Yaitu vitamin A, B1 , B2 , B3 , B5 , B6 , D, K, E, uric acid, dan asam nikotinat. Ini semua merupakan vitamin-vitamin paling kuat dan paling bersih yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan dengan mudah bisa diserap selama satu jam setelah minum madu. Berbeda dari berbagai vitamin yang terdapat secara terpisah-pisah pada berbagai makanan lain, yang lebih lambat penyerapannya dibandingkan dengan vitamin- vitamin yang terdapat didalam madu. Di dalam madu juga terdapat kandungan mineral dan garam, seperti: zat besi, sulfur, magnesium, kalsium, kalium, sodium, klorin, tembaga, krom, nikel, lead, silika, mangan, aluminium, aurum, litium, tin, zink, dan titanium. Sungguh menakjubkan, karena semua mineral tersebut merupakan komposisi tanah yang darinya manusia diciptakan. Didalam madu juga terkandung bermacam-macam enzim dan asam yang sangat penting untuk kehidupan dan aktivitas tubuh manusia.

 

Ciri – Ciri Madu Asli

  • Madu Asli Lebih Wangi
  • Bila telah disimpan lama dalam wadah tertutup, maka madu asli akan mengeluarkan gas, sehingga saat dibuka tutupnya berbunyi seperti ada letupan.
  • Pake korek api (geretan). Tetesi bagian sulfurnya dng madu tsb, diamkan sekitar 30 detik. Lalu bakar. Kalau sulfur tadi masih bisa menyala dengan mudah brarti asli.
  • Teteskan ke kertas koran, Kalau tembusannya melebar, berarti mengandung banyak air, dan berarti palsu.
  • Madu asli kalau disimpan di dalam kulkas tidak akan membeku
  • Kalau dikerubuti/tidak dikerubutin semut, bukan indikator madu asli atau palsu

 

Manfaat Madu

Menurut Chia Latupapua (1997) , manfaat madu :

  • Meningkatkan kadar serapan kalsium dalam badan
  • Dapat meningkatkan hemoglobin dan dapat mencegah dari serangan anemia.
  • Bila dicampurkan sedikit cuka ia dapat merawat arthirik sendi
  • Kegunaan madu secara luaran juga dapat mempercepatkan lagi proses penyembuhan.
  • Dapat meningkatkan pengeluaran gastrointestinal untuk merawat ulcer.
  • Sumber laxative yang natural dan lembut
  • Sumber utama vitamin dan mineral yang kaya.
  • Sumber tenaga yang hebat dan semulajadi tidak seperti gula pasir yang memudaratkan

 

Manfaat madu yang lainnya antara lain :

  1. Sebagai pemanis makanan

Gula dapat digantikan dengan madu di banyak makanan dan minuman. Madu mengandung sekitar 69% glukosa dan fruktosa memungkinkan untuk digunakan sebagai pemanis.

  1. Sebagai sumber energi

Madu mengandung sekitar 64 kalori per sendok makan. Oleh karena itu madu juga digunakan oleh banyak orang sebagai sumber energi. Di sisi lain, satu sendok makan gula akan memberikan sekitar 15 kalori. Selanjutnya karbohidrat dalam madu dapat dengan mudah dikonversi menjadi glukosa bahkan oleh perut yang paling sensitif. Oleh karena itu sangat mudah dicerna madu.

  1. Membantu penurunan berat badan

Meskipun madu memiliki lebih banyak kalori dari gula, madu jika dikonsumsi dengan air hangat membantu dalam mencerna lemak yang tersimpan dalam tubuh. Demikian pula madu dan lemon jus dan madu dan kayu manis membantu dalam mengurangi berat badan.

  1. Meningkatkan Kinerja Athletic

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa madu adalah bantuan yang sangat baik dan membantu ergogenic dalam meningkatkan kinerja atlet. Madu memfasilitasi dalam menjaga kadar gula darah, penyembuhan dan pemulihan glikogen otot setelah latihan.

  1. Sumber Vitamin dan Mineral

Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral . Jenis vitamin dan mineral dan kuantitas mereka tergantung pada jenis bunga yang digunakan untuk pemeliharaan lebah. Umumnya, madu mengandung vitamin C , Kalsium dan Besi . Periksa vitamin dan kandungan mineral dalam gula dari sumber manapun, Anda akan merasa menjadi nihil atau sangat kecil baik.

  1. Antibakteri dan antijamur Properti

Madu memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur dan karenanya dapat digunakan sebagai antiseptik alami.

  1. Antioksidan

Madu mengandung nutraceuticals, yang efektif dalam menghilangkan radikal bebas dari tubuh kita. Akibatnya, kekebalan tubuh kita meningkat.

  1. Perawatan Kulit

Susu dan madu sering disajikan bersama sebagai kedua bahan membantu dalam mendapatkan menenangkan kulit halus. Oleh karena mengkonsumsi susu dan madu setiap hari di pagi hari adalah praktik yang umum di banyak negara.

  1. Mengobati batuk dan radang tenggorokan.

Kandungan anti bakteri pada madu bisa melawan mikrobakteri penyebab radang, bahkan madu dapat membunuh bakter-bakteri yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan.

  1. Mencegah Kanker

Kandungan flavonoids yang terdapat pada madu serta antioksidannya dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung. Sementara itu kandungan karsinogen pada madu bisa mencegah beragam tumor.

  1. Meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh)

Madu juga kaya akan zat antioksidan yang dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Tidak hanya itu, kandungan Madu mempunyai kandungan nutraceuticals dapat melawan radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Stamina

Menurut hasil penelitian, madu dapat meningkatkan performa (ergogenic),yang dapat meningkatkan performa atlet. Madu dapat membantu tubuh mengontrol gula darah dan juga membantu penyembuhan otot serta pemulihan stamina setelah aktifitas berat.

  1. Mengobati luka

Penelitian yang signifikan sedang dilakukan untuk mempelajari manfaat madu dalam mengobati luka. Keperawatan Standar memberikan beberapa penjelasan tentang manfaat Manfaat madu dalam manajemen luka. Madu dapat digunakan pada penyembuhan luka dikarenakan :

  • Madu memiliki sifat antimikroba.
  • Madu membantu dalam mempromosikan debridement autolytic.
  • Madu mempercepat proses penyembuhan dengan merangsang jaringan luka.
  • Madu membantu dalam memulai proses penyembuhan dalam luka aktif.
  • Madu juga membantu penyembuhan luka lembab.

 

PENUTUP

Sejak zaman dulu, madu tidak hanya dimanfaatkan sebagai pemanis alami, tapi juga bermanfaat untuk membantu penyembuhan. Ramuan tradisional banyak yang menggunakan madu sebagai bahan dasar utama, untuk membantu dan mempercepat penyembuhan.

Sebagai tenaga kesehatan yang profesional perawat harus ikut andil dalam mempromosikan ramuan tradisional khas nusantara terutama madu yang telah terbukti dalam penelitaian memiliki banyak manfaat. Karena madu merupakan obat tradisional yang mudah di dapat dan harganya relatif murah. Selain itu madu juga aman dikonsumsi pada setiap tahapan usia.

 

DAFTAR PUSTAKA

Chia, Peter. 2005. High-Desert helping people business. Jakarta: Apli

F.G. Winarno.2001. Madu; Teknologi, Khasiat, dan Analisa, PPPTP-IPB.

Sarwono, B. 2001. Lebah Madu. Tangerang : AgroMedia Pustaka

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here